Welcome to punyahari.blogspot.com...selamat datang di punyahari.blogspot.com

Senin, Desember 31, 2018

Contoh Metode Penlitian Kualitatif pada Bank

Metode Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data
1.5.1 Populasi
Populasi penelitian ini yaitu adalah nasabah walk in di BANK BCA KCP Cikarang.
1.5.2 Sampel
Dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sample Menurut Suharsimi Arikunto, (2010:183) purposive sample adalah sampel bertujuan dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu.

1.5.3 Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu adalah penelitian kualitatif. Menurut Moleong (2007:6) penelitian kualitatif adalah :“ penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistik dan secara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaat berbagai metode ilmiah. Hal ini berdasarkan pada tujuan penelitian yang bermaksud menggambarkan dan bermaksud menginterprestasikan masalah yang berkaitan dalam Implementasi UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Bank BCA Kcp Cikarang, berdasarkan dengan pengamatan dan fakta yang terjadi di lapangan. ”
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penggalian data melalui observasi lokasi penelitian yaitu potensi-potensi yang ada di Bank BCA Kcp Cikarang, serta melakukan wawancara kepada para informan yang terdiri dari berbagai macam informan.
1.5.4 Sumber Data
Peneliti menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder.
1.      Data primer
Data primer adalah data yang diperoleh peneliti langsung dari tangan pertama. Data primer yang digunakan berasal dari data hasil wawancara peneliti dengan narasumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah beberapa karyawan dan nasabah PT. Bank BCA cabang KCP Cikarang.
2.      Data sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada. Data sekunder yang digunakan adalah berasal dari buku, artikel, Undang-Undang.
1.5.5 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu sebagai berikut :
1.  Studi kepustakaan yaitu teknik pengumpulan data dengan mengkaji buku-buku referensi, dokumen lainnya yang berhubungan dengan tema penelitian.
2. Studi lapangan yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung dengan cara sebagai berikut :
1. Observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung pada objek penelitian yang diharapakan mendapat data yang objektif dan akurat sebagai data penelitian.
2.  Wawancara adalah kegiatan mempertanyakan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang dianggap penting dan dapat memberikan jawaban yang dijadikan data penelitian yang objektif. Wawancara ini dilakukan dengan teknik wawancara berstruktur.
Wawancara Mendalam, Teknik wawancara ini dimaksudkan agar terbina suasana yang tidak kaku melainkan santai, sehingga tidak ada jarak yang cukup jauh antara peneliti dan informan. Wawancara dilakukan dengan pedoman panduan wawancara (interview guide) yang berisi hal-hal pokok yang berkaitan dengan apa yang ingin digali lebih dalam dari nara sumber. Dalam pelaksanaannya metode ini dilakukan dengan mewawancarai pihak-pihak yang terkait dengan masalah penelitian.
3. Dokumentasi adalah Teknik mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, transkip, surat kabar, majalah, tulisan, gambar-gambar atau karya dari seseorang.
1.5.6 Analisis Data
Menurut Sugiyono (2013:335) analisis data kualitatif adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain.
Aktivitas analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
1.      Reduksi data (data reduction).
Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari teme dan polanya dan mebuang yang tidak perlu dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan akan mempermudah dalam melakukan pengumpulan data selanjutnya.
2.      Penyajian data (data display).
Dalam penelitian kualitatif, penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, dan sejenisnya. Penyajian data dalam penelitian ini adalah dengan teks yang bersifat naratif beserta perbandingan antara PP RI No.50 Tahun 2012 dengan pelaksanaannya di lokasi penelitian.
3.      Penarikan kesimpulan (verification)
Setelah data disajikan maka dilakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan didukung oleh data-data yang valid dan konsisten.
1.6 Tempat Penelitian
Penelitian dilakukan di Bank BCA Kcp Cikarang  yang berlokasi di Ruko Cikarang Plaza, Jl. Yos Sudarso Blok B No. 5-6Bekasi, Jawa Barat, Indonesia 17530.

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ke punyahari.blogspot.com