KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SD/MI
KELAS 1V
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2. menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1 meyakini
makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 menghargai makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.2 menghargai kewajiban dan hak sebagai amanah warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
2.2 menunjukkan
sikap memenuhi kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat
|
1.3 mensyukuri keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
|
2.3 bersikap toleran dalam keberagaman umat
beragama di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika
|
1.4 menghargai
berbagai bentuk persatuan dan kesatuan
suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.4 bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4. menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 mengasosiasikan
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 menceritakan
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.2 memahami
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.2 melaksanakan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3 menganalisis
secara sederhana keberagaman umat
beragama dalam masyarakat
|
4.3 bekerja
sama dalam keberagaman umat beragama dalam masyarakat
|
3.4 mendeskripsikan
berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan
|
4.4 bekerja
sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya dalam
masyarakat
|
0 komentar:
Posting Komentar