Welcome to punyahari.blogspot.com...selamat datang di punyahari.blogspot.com

Kamis, November 16, 2017

HOW TO MAKE LESSON PLAN





RUMUS INDIKATOR

SMART
Specific (menggunakan kata kerja operasional)
Measurable (sasaran harus terukur)
Achievable (terjangkau)
Reliable (terbukti dan teruji)
Timebased (tepat diajarkan pada tempatnya)


TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pahami rumus ABCD
Audience, artinya sasaran sebagai pembelajar yang perlu dijelaskan secara spesifik agar jelas untuk siapa tujuan tersebut diberikan.  Misalnya: Siswa kelas V MI, Kelas IX MTs, Kelas XII MA, dan lainnya.
Behaviour, adalah perilaku  spesifik yang diharapkan dilakukan atau dimunculkan siswa setelah pembelajaran berlangsung.  Behaviour ini dirumuskan dalam bentuk kata kerja operasional.  Misalnya: Merinci, Membedakan, Mengidentifikasi, Mengklasifikasikan, dan lainnya.
Conditioning, yaitu keadaan yang harus dipenuhi atau dikerjakan siswa pada saat dilakukan pembelajaran. Misalnya: Dengan cara mengamati, Dengan berdiskusi, Dengan menyimak penjelasan guru, Dengan membaca buku sumber, Dengan menggunakan kamus, Dengan menggunakan internet, dan lainnya.
Degree, adalah batas minimal tingkat keberhasilan terendah yang harus dipenuhi dalam mencapai perilaku yang diharapkan.  Penentuan ini tergantung jenis materi, dan penting tidaknya materi.  Misalnya: 3 contoh, 4 jenis, minimal 4 macam, dan lainnya.
2. Lihat Indikator
Melihat indicator dengan cara meng-copypastekan.
 
 Apa Itu Pembelajaran Terpadu
Secara umum pembelajaran terpadu pada prinsipnya terfokus pada pengembangan perkembangan kemampuan siswa secara optimal, oleh karena itu dibutuhkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat tiga kemungkinan variasi pemebelajaran terpadu yang berkaitan dengan pendidikan yang dilaksanakan dalam suasana pendidikan progresif yaitu :
a.  Kurikulum terpadu (integrated curriculum)
Kurikulum terpsdu adalah kegiatan menata keterpaduan berbagai materi mata pelajaran melalui suatu tema lintas bidang membentuk suatu keseluruhan yang bermakna sehingga batas antara berbagai bidang studi tidaklah ketat ataua boleh dikatakan tidak ada.
b.  Hari terpadu (integrated day)
Hari terpadu berupa perencanaan kegiatan siswa dari suatu kelas pada hari tertentu untuk mempelajari atau mengerjakan berbagai kegiatan sesuai dengan minat mereka.
c. Pembelajaran terpadu (integrated learning)
Pembelajaran terpadu menunjuk pada kegiatan belajar yang terorganisasikan secara lebih terstruktur yang bertolak pada tema-tema tertentu atau pelajaran tertentu sebagai titik pusatnya (center core / center of interest)

Prinsip-prinsip Pembelajaran Terpadu
1. Prinsip penggalian tema
a. Tema hendaknya tidak terlalu luas, namun dengan mudah dapat digunakan memadukan banyak bidang studi
b. Tema harus bermakna, artinya bahwa tema yang dipilih untuk dikaji harus memberikan bekal bagi siswa untuk belajar selanjutnya
c. Tema harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan psikologis anak
d. Tema yang dikembangkan harus mampu mewadahi sebagian besar minat anak
e. Tema yang dipilih hendaknya mempertimbangkan peristiwa-peristiwa otentik yang terjadi dalam rentang waktu belajar
f. Tema yang dipilih hendaknya mempertimbangkan kurikulum yang berlaku, serta harapan dari masyarakat.
g. Tema yang dipilih juga hendaknya mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar.

2. Prinsip pelaksanaan pembelajaran terpadu
a. Guru hendaknya menjadi “single actor” yang mendominasi pembicaraan dalam proses belajar mengajar
b. Pemberian tanggungjawab individu dan kelompok harus jelas dalam setiap tugasyang menuntut adanya kerjasama kelompok
c. Guru perlu akomodatif terhadap ide-ide yang terkadang sama sekali tidak terpikirkan dalam proses perencanaan.

3. Prinsip evaluasi
a. Memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan evaluasi diri di samping untuk evaluasi lainnya.
b Guru perlu mengajak siswa untuk mengevaluasi perolehan belajar yang telah dicapai berdasarkan criteria keberhasilan pencapaian tujuan yang telah disepakati dalam kontrak.

4.        Prinsip reaksi
Guru dituntut agar mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sehingga tercapai secara tuntas tujuan-tujuan pembelajaran. Guru harus bereaksi terhadap reaksi siswa dalam semua “event” yang tidak diarahkan ke aspek yang sempit tetapi ke suatu kesatuan utuh dan bermakna.
Waktu pembelajaran terpadu bisa bermacam-macam yaitu:
a.  Pembelajaran terpadu yang dilaksanakan pada waktu tertentu, yaitu apabila materi yang apabila materi yang dijalankan cocok sekali diajarkan secara terpadu.
b. Pembelajaran terpadu bersifat temporer, tanpa kepastian waktu dan bersifat situasional, dimana pelaksanaanya tidak mengikuti jadwal yang teratur.
c. Pembelajaran terpadu secara periodik, misalnya setiap akhir minggu, atau akhir caturwulan. Waktu-waktunya telah dirancang secara pasti.
d. Pembelajaran terpadu sehari penuh, selama satu hari tidak ada pembelajaran yang lain, yang ada siswa belajar dengan yang diinginkan, siswa sibuk dengan urusanya masing-masing. Pembelajaran terpadu ini dikenal dengan istilah “intregated day” atau hari terpadu.diawali dengan kegiatan pengelolaan kelas yang meliputi penyiapan aspek-aspek kegiatan belajar, alat-alat, media dan peralatan lainya yang menunjang terlaksanaya pembelajaran terpadu.

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ke punyahari.blogspot.com