1. Prof. H. Mahmud Yunus:
Yang dimaksud pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk
mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu
pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak
kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan
yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri,
masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.
2. Prof. Dr. John Dewey:
Menurutnya pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan
merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin
manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian
pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui
pendidikan.
3. M.J. Langeveld:
Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah
kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan
tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila.
Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan
tanggung jawab.
4. Prof. Herman H. Horn: Beliau
berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi
bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar
kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual,
emosional dan kemauan dari manusia.
5. Driyarkara:
Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau
pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.
7. Ki Hajar Dewantara:
Menurutnya pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak.
Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada
peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai
keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.
8. Stella van Petten Henderson:
Pendidikan yaitu suatu kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani
dengan warisan sosial.
9. Kohnstamm dan Gunning:
Pendidikan merupakan suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan
ialah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai
dengan hati nurani.
10. Horne: Menyatakan
bahwa pendidikan adalah proses yang dilakukan secara terus menerus dari
penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang secara fisik
dan mentalnya.
11. Frederick J. Mc Donald:
mengemukakan pendapatnya bahwa pendidikan ialah suatu proses yang arah
tujuannya adalah merubah tabiat manusia atau peserta didik.
0 komentar:
Posting Komentar