Welcome to punyahari.blogspot.com...selamat datang di punyahari.blogspot.com

Jumat, Mei 31, 2013

Motorik Anak


Tahapan perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun
2.1.1. Usia 0-3 bulan
·   Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi). Seperti refleks hisas, refleks gengam, refleks leher, rooting reflex.
·   Pada bayi bulan ke 2 dan ke 3, gerakan refleks mulai menghilang. Hilangnya gerakan refles ini akan di ganti tahap demi tahap munculnya gerak motorik kasar. Bayi bisa menatap,tersenyum,dan bersuara, juga bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap.
2.1.2. Usia 4-6 bulan
   Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam mulutnya.
   Tertawa, bergurau
   Tengkurap
   Menggulingkan badan
   Berusaha meraih dan menyentuh mainan
   Bertopang pada kedua tangan
   Memindahkan mainan dari satu tangan ketangan lain
   Menoleh mencari datangnya suara

2.1.3. Usia 7-9 bulan
    Membalikan badan
    Bermain dengan tangan dan kaki
    Mulai senang mengoceh
    Belajar duduk
    Memperhatikan gerak – gerik orang lain
    Merangkak dan merayap
    Dapat berdiri tegak bila dipegang
    Bermain Ciluk Ba!
2.1.4. Usia 10-12 bulan
   Berayun pada tangan dan lutut
   Merangkak dengan cepat
   Belajar berdiri sambil berpegangan
   Menjepit benda dengan kedua jari tangan
   Belajar berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan
   Atau bisa berjalan sendiri

Tahapan perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
2.2.1. Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun secara umum
   Susunan tumbuh dan berubah secara cepat
   Timbulnya gerakan refleks

Penurunan tangisan
   Meningkatnya kemampuan untuk bergerak, dimulai dari menggeliat-geliat, kemudian menggelinding, merayap, merambat cepat, dan kemudian berjalan
   Meningkatnya kemampuan untuk mengkoordinasi motorik halus tangan dan mata
   Meningkatnya kemampuan “bantuan diri”

2.2.2. Perkembangan motorik kasar
·   Merangkak
·    Berdiri dan berjalan beberapa langkah
·    Berjalan cepat
·    Cepat-cepat duduk agar tidak jatuh
·    Merangkak di tangga
·    Berdiri di kursi tanpa pegangan
·    Menarik dan mendorong benda-benda berat
·    Melempar

2.2.4. Perkembangan motorik halus
·   Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk
·   Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
·   Menyusun menara dari balok
·   Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
·   Belajar memakai kaus kaki sendiri
·   Menyalakan TV dan bermain remote
·   Belajar mengupas pisang
·   Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah serta keliling rumah
·   Dapat mengatakan 5-10 kata
·   Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing

2.2.5. Peranan orang tua
·   Menyediakan pilihan yang tepat dalam menyediakan pengalaman-pengalaman indoor maupun outdoor yang dapat membantu anak untuk melatih perkembangan motorik halus dan motorik kasar mereka
·   Tidak menekan anak untuk melebihi batas kemampuan. Bebaskan anak untuk mencoba setiap tahap perkembangan motorik secara menyeluruh
·   Berikan perhatian pada setiap keterlambatan perkembangan yang membutuhkan campur tangan profesional

Tahapan perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun
2.3.1. Secara umum anak mampu :
·   Memakai pakaian
·   Membawa benda kecil dengan mudah
·   Memungut benda kecil dengan mudah
·   Menggunakan ganggan pintu dengan tepat
·   Jalan menaiki tangga

Menendang bola
·   Bicara dengan baik dengan mengunakan 2 kata
·   Dapat menunjukkan satu atau lebih dari tubuhnya
·   Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
·   Melepas pakaian sendiri
2.3.2. Motorik halus
Ø Memotong dan Menempel
a. Memotong Kertas
b. Memotong dengan gunting
c.  Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar (menggunting dengan 2 tangan )
Ø Kebutuhan diri sendiri
a. Makan dengan sendok
b. Minum dari secangkir gelas
c.  Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah
Ø Mengekspresi benda grafis
a. Mencorat coret sesuai dengan keinginan
b. Membuat garis atau lingkaran
c.  Berusaha membuat huruf kapital secara sederhana dengan meniru
2.3.3. Motorik kasar
Ø Berjalan
Dapat berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga
Ø Berlari
Berlari dengan berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat
Ø Melompat
Melompat dan berpijak menggunakan 2 kakinya
Ø Memanjat
Mampu memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah

Tahapan perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun
2.4.1. Tahap perkembangan motorik kasar
·   Berjalan
Bejalan dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian, dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di atas kaki lainnya selama beberapa saat.
·   Berlari
Berlari dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari berputar-putar tanpa kendala
·   Melompat
Melonpat dengan kedua kaki atau melompati benda, melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali, melompat dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan
·   Memanjat
Memanjat dan menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
2.4.2. Tahapan perkembangan motorik halus
·   General
Membuka pintu, membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan  membuka halaman buku
·   Targeting
Merangkai manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian tertentu saja (misalnya ekor anjing).
·   Cut And Paste
Mengoles lem pada bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih agak kesulita dalam menggunakan gunting.
·   Self Help
Menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan bantuan dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
·   Graphic Tools
Mencoba memegang pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar, membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.

Tahapan perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun
2.5.1. Secara umum perkembangan anak usia 4-5 tahun meliputi
1. Tahap Jalan
   Mondar mandir
   Jalan berputar-putar
   Lompat dengan satu kaki
2. Tahap Lari
   Lari cepat
   Belok pada tikungan
   Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
3. Tahap Lompat
   Melompat ke atas
   Melompat ke bawah
   Melompat ke depan
4. Tahap Memanjat
   Memanjat
   Naik turun tangga
   Bermain di pohon
2.5.2. Ciri-ciri khusus anak usia 4 tahun
   Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
   Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit dan ibu jari sejauh 6 kaki
   Berjalan mundur dengan ibu jari ke tumit
   Lomba lari
   Melompat ke depan 10 kali
   Melompat kebelakang sekali
   Berguling ke depan
   Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun kea rah berlawanan secara bersamaan.
   Dengan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki
   Melempar bola kecil dengan kedua tangan ke pada seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya
   Membangun menara setinggi 11 kotak
   Menggambar sesuatu yang berarti bagi anak tersebut. Dapat dikenali orang lain
   Mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari
   Menjiplak gambar kotak
   Menulis beberapa huruf
2.5.3. Ciri-ciri khusus anak usia 5 tahun
Berdiri di atas kaki yang lainnya selama 10 detik
Berjalan di atas besi keseimbangan ke depan, ke belakang dan ke samping
Melompat ke belakang dengan dua kali berturut-turut
Melompat dua meter dengan salah satu kaki
Mengambil satu atau dua langkah yang teratur sebelum menendang bola
Menangkap bola tennis dengan kedua tangan
Melempar bola dengan memutar badan dan melangkah ke depan
Mengayun tanpa bantuan
Menangkap dengan mantap
Menulis nama depan
Membangun menara setinggi 12 kotak
Mewarnai dengan garis-garis
Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
Menggambar orang beserta rambut dan hidung
Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
Memotong bentuk-bentuk sederhana.

Tahapan perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun
2.6.1. Kemampuan motorik kasar
·   Berjalan
Berjalan seolah orang dewasa  melompat dengan satu kaki secara bergantian
·   Berlari
Menunjukkan kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan
   Melompat
Lompatan panjang, tinggi, dan jauh
   Memanjat
Menunjukkan kematangan memanjat seperti cara orang dewasa
2.6.2. Kemampuan motorik Halus
·   Secara umum
menunjukkan kemampuan ketelitian  dan dapat mengontrol, melakukan sedikit kesalahan

·   Secara khusus
o Dapt mengurus diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir rambut,mencuci tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri
o Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat plastisin seperti kue dan cacing
o Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran
o Meniru melipat garis sederhana
o Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan dan kepala)
o Meniru melipat kertas sederhana
o  Belajar menggunting
o  Menyusun menara kubus

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ke punyahari.blogspot.com