2.1.1. Usia 0-3 bulan
· Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa
melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi).
Seperti refleks hisas, refleks gengam, refleks leher, rooting reflex.
· Pada bayi bulan ke 2 dan ke 3, gerakan refleks mulai
menghilang. Hilangnya gerakan refles ini akan di ganti tahap demi tahap
munculnya gerak motorik kasar. Bayi bisa menatap,tersenyum,dan bersuara, juga
bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap.
2.1.2. Usia 4-6 bulan
• Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam
mulutnya.
• Tertawa,
bergurau
• Tengkurap
• Menggulingkan badan
• Bertopang pada kedua tangan
• Memindahkan mainan dari satu tangan ketangan lain
• Menoleh mencari datangnya suara
2.1.3. Usia 7-9 bulan
• Membalikan badan
• Mulai senang mengoceh
• Belajar duduk
• Memperhatikan gerak – gerik orang lain
• Merangkak dan merayap
• Dapat berdiri tegak bila dipegang
• Bermain Ciluk Ba!
2.1.4. Usia 10-12 bulan
• Berayun pada tangan dan lutut
• Merangkak dengan cepat
• Belajar berdiri sambil berpegangan
• Menjepit benda dengan kedua jari tangan
• Belajar berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan
• Atau bisa berjalan sendiri
Tahapan
perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
2.2.1. Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
secara umum
• Susunan tumbuh dan berubah secara cepat
• Timbulnya gerakan refleks
• Meningkatnya kemampuan untuk bergerak, dimulai dari
menggeliat-geliat, kemudian menggelinding, merayap, merambat cepat, dan
kemudian berjalan
• Meningkatnya kemampuan untuk mengkoordinasi motorik
halus tangan dan mata
• Meningkatnya kemampuan “bantuan diri”
2.2.2. Perkembangan motorik kasar
· Merangkak
· Berdiri dan
berjalan beberapa langkah
· Berjalan
cepat
· Cepat-cepat
duduk agar tidak jatuh
· Merangkak di
tangga
· Berdiri di
kursi tanpa pegangan
· Menarik dan
mendorong benda-benda berat
· Melempar
2.2.4. Perkembangan motorik halus
· Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk
· Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
· Menyusun menara dari balok
· Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
· Belajar memakai kaus kaki sendiri
· Menyalakan TV dan bermain remote
· Belajar mengupas pisang
· Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah serta
keliling rumah
· Dapat mengatakan 5-10 kata
· Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
2.2.5. Peranan orang tua
· Menyediakan pilihan yang tepat dalam menyediakan
pengalaman-pengalaman indoor maupun outdoor yang dapat membantu
anak untuk melatih perkembangan motorik halus dan motorik kasar mereka
· Tidak menekan anak untuk melebihi batas kemampuan.
Bebaskan anak untuk mencoba setiap tahap perkembangan motorik secara menyeluruh
· Berikan perhatian pada setiap keterlambatan
perkembangan yang membutuhkan campur tangan profesional
Tahapan
perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun
2.3.1. Secara
umum anak mampu :
· Memakai pakaian
· Membawa benda kecil dengan mudah
· Memungut benda kecil dengan mudah
· Menggunakan ganggan pintu dengan tepat
· Jalan menaiki tangga
· Bicara dengan baik dengan mengunakan 2 kata
· Dapat menunjukkan satu atau lebih dari tubuhnya
· Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
· Melepas pakaian sendiri
2.3.2.
Motorik halus
Ø Memotong dan Menempel
a. Memotong Kertas
b. Memotong dengan gunting
c. Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar
(menggunting dengan 2 tangan )
Ø Kebutuhan diri sendiri
a. Makan dengan sendok
b. Minum dari secangkir gelas
c. Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah
Ø Mengekspresi benda grafis
a. Mencorat coret sesuai dengan keinginan
b. Membuat garis atau lingkaran
c. Berusaha membuat huruf kapital secara sederhana dengan
meniru
2.3.3.
Motorik kasar
Ø Berjalan
Dapat berjalan
dengan 2 kaki ke atas tangga
Ø Berlari
Berlari dengan
berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat
Ø Melompat
Melompat dan
berpijak menggunakan 2 kakinya
Ø Memanjat
Mampu memanjat ke
atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah
Tahapan
perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun
2.4.1. Tahap perkembangan motorik kasar
· Berjalan
Bejalan dengan
mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian,
dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di
atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di atas kaki lainnya selama beberapa saat.
· Berlari
Berlari dengan
pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti,
Berlari berputar-putar tanpa kendala
· Melompat
Melonpat dengan kedua kaki atau melompati benda,
melompat ke depan dengan dua
kaki 4 kali, melompat
dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan
· Memanjat
Memanjat dan
menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
2.4.2. Tahapan perkembangan motorik halus
· General
Membuka pintu,
membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan membuka halaman buku
· Targeting
Merangkai
manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian
tertentu saja (misalnya ekor anjing).
· Cut
And Paste
Mengoles lem pada
bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih
agak kesulita dalam menggunakan gunting.
· Self
Help
Menuangkan cairan ke
dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan bantuan
dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
· Graphic
Tools
Mencoba memegang
pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar,
membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.
Tahapan
perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun
2.5.1. Secara umum perkembangan anak usia 4-5 tahun
meliputi
1. Tahap Jalan
• Mondar mandir
• Jalan berputar-putar
• Lompat dengan satu kaki
2.
Tahap Lari
• Lari cepat
• Belok pada tikungan
• Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
3.
Tahap Lompat
• Melompat ke atas
• Melompat ke bawah
• Melompat ke depan
4.
Tahap Memanjat
• Memanjat
• Naik turun tangga
• Bermain di pohon
2.5.2.
Ciri-ciri khusus anak usia 4 tahun
• Berdiri di atas satu kaki
selama 10 detik
• Berjalan maju dalam satu garis
lurus dengan tumit dan ibu jari sejauh 6 kaki
• Berjalan mundur dengan ibu jari
ke tumit
• Lomba lari
• Melompat ke depan 10 kali
• Melompat kebelakang sekali
• Berguling ke depan
• Menendang secara terkoordinasi
ke belakang dan ke depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun kea rah
berlawanan secara bersamaan.
• Dengan dua tangan menangkap
bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki
• Melempar bola kecil dengan
kedua tangan ke pada seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya
• Membangun menara setinggi 11
kotak
• Menggambar sesuatu yang berarti
bagi anak tersebut. Dapat dikenali orang lain
• Mempergunakan gerakan-gerakan
jemari selama permainan jari
• Menjiplak gambar kotak
• Menulis beberapa huruf
2.5.3. Ciri-ciri khusus anak usia 5 tahun
• Berdiri di atas kaki yang lainnya selama 10 detik
• Berjalan di atas besi keseimbangan ke depan, ke belakang
dan ke samping
• Melompat ke belakang dengan dua kali berturut-turut
• Melompat dua meter dengan salah satu kaki
Mengambil satu atau
dua langkah yang teratur sebelum menendang bola
• Menangkap bola tennis dengan kedua tangan
• Melempar bola dengan memutar badan dan melangkah ke depan
• Mengayun tanpa bantuan
• Menangkap dengan mantap
• Menulis nama depan
• Membangun menara setinggi 12 kotak
• Mewarnai dengan garis-garis
• Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
• Menggambar orang beserta rambut dan hidung
• Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
• Memotong bentuk-bentuk sederhana.
Tahapan
perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun
2.6.1. Kemampuan motorik kasar
· Berjalan
Berjalan seolah orang dewasa melompat dengan satu kaki secara bergantian
· Berlari
Menunjukkan kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan
kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan
• Melompat
Lompatan panjang, tinggi, dan jauh
• Memanjat
Menunjukkan kematangan memanjat seperti cara orang dewasa
2.6.2. Kemampuan motorik Halus
· Secara umum
menunjukkan kemampuan ketelitian dan dapat mengontrol, melakukan sedikit
kesalahan
· Secara khusus
o
Dapt mengurus
diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir rambut,mencuci
tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri
o
Dapat membuat
bentuk dengan menggunakan tanah liat plastisin seperti kue dan cacing
o
Meniru membuat
garis tegak, datar dan lingkaran
o
Meniru melipat
garis sederhana
o
Menggambar
orang terdiri dari dua bagian (badan dan kepala)
o
Meniru melipat
kertas sederhana
o
Belajar menggunting
o
Menyusun menara kubus
0 komentar:
Posting Komentar