Welcome to punyahari.blogspot.com...selamat datang di punyahari.blogspot.com

Jumat, April 16, 2010

Kritikan Teori Prilaku Homans

KRITIK TEORI HOMANS

Meskipun Homans membahas prinsip psikologis, tetapi Homans tidak memikirkan mengenai individu dalam keadaan terisoslasi. Homans menganggap bahwa manusia adalah makhluk social yang lebih banyak berinteraksi dengan sesamanya.


Dalam asumsinya mengenai hakikat manusia Homans menengahkan gambaran orang berinteraksi pada tujuan dan kesemuanya ditentukan oleh kekuatan yang berada di luar dirinya. Homans sendiri mengakui bahwa teori rasional serta psikologi prilaku adalah sebagian besar sama karena dalam ilmu social dikenal adanya kerangka proposisi yang sama. Homans menganggap bahwa teori rasional jauh lebih terbatas daripada teori psikologi prilaku.

Satu lagi pendapat Homas yang banyak menimbulkan kritik adalah kepercayaan terhadap psikologi yang mempelajari manusia sebagai anggota spesies manusia, tetapi psikologi deianggap telah mengambil prinsip-prinsip dari prilaku binatang.

Titik lemah yang paling nyata dari teori ini adalah Homans menghilangkan apa yang dianggap paling esensi dalam manusia berbeda dengan binatang, tindakan manusia tidak perlu dikaitkan dengan masa lalu mereka,tetapi manusia dapat bertindak sekarang walaupun masalalu menyediakan perhitungan berbagai kemungkinan masa depan yang menguntungkan.

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ke punyahari.blogspot.com